
Ketika membuka bisnis, seperti restoran, misalnya maka kamu membutuhkan yang namanya “pengelolaan keuangan” yang baik supaya bisnis yang kamu jalankan tetap lancar. Mulai dari; mencatat pemasukan bisnis, melacak seluruh pengeluaran bisnis, membuat anggaran keuangan, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan, maka tidak ada salahnya memakai aplikasi kasir restoran.
Selain itu, penting pula untuk menghindari beberapa kesalahan dalam manajemen keuangan bisnis berikut:
Rekening pribadi disatukan dengan bisnis
Kalau membuka bisnis, sebaiknya tidak menyatukan antara rekening pribadi dengan rekening bisnis, ya. Walaupun nanti bisnis yang akan kamu buka masih tergolong kecil. Kenapa perlu dipisah? Soalnya, kalau tetap ngotot menyatukan rekening dikhawatirkan malah nanti membuat arus kas bisnis menjadi berantakan.
Bahkan, akan sulit untuk membuat laporan keuangan dan memunculkan kerancuan. Makanya, kamu harus memisahkan antara rekening pribadi dengan rekening bisnis supaya tidak membingungkan. Serta, kamu pun jadi tahu berapa keuntungan dan kerugian yang kamu dapatkan selama berbisnis.
Rencana keuangan tidak dianggap penting
Sebelum membuka bisnis maka hal paling wajib yang harus dilakukan adalah menentukan seperti apa dan bagaimana rencana keuangan bisnis ke depannya. Tidak boleh dianggap remeh dan berkata “ntar aja deh dipikiran yang penting buka bisnis dulu”. Meskipun rencana keuangan ini terlihat sepele tapi ini juga penting, lho.
Soalnya, kalau sudah punya rencana keuangan, kamu akan semakin mudah bagimu mengelola bisnis dan nantinya juga tidak akan menghadapi masalah keuangan. Toh, kita tidak pernah tahu kapan akan merugi dan tidak akan untung terus. Kalau sudah punya rencana keuangan, maka kamu bisa langsung memakainya kalau bisnis lagi down.
Pengelolaan arus kas dinilai buruk
Tahukah kamu, kalau arus kas sangat penting dalam sebuah bisnis, lho? Soalnya, memiliki arus kas maka dapat membantu mengembangkan bisnis dan membuat bisnis tetap bertahan sekalipun bermunculan bisnis baru—dengan bidang yang sama ataupun berbeda. Gimana caranya? Memiliki prosedur yang ketat dengan pengeluaran kas.
Ada baiknya tidak mengeluarkan dana untuk hal-hal yang tidak perlu untuk bisnis. Misalnya, menyetok lebih banyak bahan-bahan untuk bisnis restoran dari biasanya bahkan berkali-kali lipat. Ini tentu terlihat mubazir walaupun memang bisa disimpan di ruangan pendingin, akan tetapi customer biasanya lebih suka makanan yang fresh.
Selain ketiga kesalahan di atas, ketika membuka bisnis sebaiknya hindari membuat laporan bisnis dengan sistem manual, ya. Soalnya, kalau pakai sistem manual, tentu membutuhkan lebih banyak waktu bahkan kadang terjadi human error. Makanya, lebih baik pakai aplikasi restoran saja untuk memudahkan!
Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!