
Para pebisnis di Indonesia banyak menggunakan Chatbot whatsapp untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Karena Chatbot whatsapp mampu membalas pesan pelanggan secara otomatis dalam hitungan detik.
Selain itu, bot WhatsApp sering digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif dan efisien untuk menjangkau banyak pelanggan. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna WhatsApp di Indonesia sangat besar.
Pengguna WhatsApp di Indonesia menghabiskan rata-rata 30,8 jam sebulan, 60% di antaranya dihabiskan untuk membangun hubungan dan menjalankan bisnis.
Apa itu Chatbot whatsapp?
Chatbot whatsapp adalah program kecerdasan buatan (AI) yang secara otomatis merespon setiap pesan WhatsApp yang diterimanya. Teknologi AI ini memungkinkan komunikasi dua arah di WhatsApp. Setiap pesan yang masuk ke WhatsApp ditanggapi dalam bahasa alami seperti manusia asli.
Bisnis yang ingin menggunakan bot WhatsApp gratis harus mendaftar terlebih dahulu ke WhatsApp API. Setelah itu, Anda dapat secara otomatis melakukan percakapan dengan pelanggan. Bisnis juga dapat menggunakan bot WhatsApp untuk menyebarkan informasi penting seperti pembaruan status tiket, promosi, katalog, dan lainnya.
Bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan bisnis Chatbot whatsapp?
Selain melayani pelanggan, bot WhatsApp dapat melakukan banyak hal untuk bisnis Anda. Berikut cara menggunakan Chatbot whatsapp agar dapat bekerja dengan sebaik mungkin untuk membantu meningkatkan bisnis Anda:
1. Menawarkan penawaran kepada pembeli
Biasanya, pelanggan menghubungi pedagang untuk menanyakan produk yang akan ditanggapi secara otomatis oleh bot WhatsApp. Setelah percakapan terjadi, Anda dapat menggunakannya untuk menyebarkan berita tentang promosi atau katalog terbaru. Cara menggunakan bot WA ini cukup efisien dan hemat biaya.
2. Ingatkan pembeli
Bot WhatsApp dapat digunakan untuk memberikan pesan pengingat kepada pelanggan untuk melanjutkan pembayaran atau tahapan tertunda lainnya. Anda juga dapat menyertakan foto atau dokumen pendukung yang dibutuhkan klien.
3. Mengumpulkan umpan balik langsung dari pelanggan
Pelanggan sering terlalu malas untuk mengisi formulir umpan balik. Anda dapat menggunakan bot untuk mengajukan pertanyaan seperti penilaian kualitas layanan atau masukan lainnya dengan mudah. Umpan balik yang dikumpulkan akan membantu Anda mengembangkan strategi bisnis Anda.
4. Meningkatkan produktivitas
Kemampuan bot untuk merespons secara otomatis memungkinkan agen CS untuk fokus menyelesaikan masalah yang lebih kompleks. Ini akan meningkatkan produktivitas mereka.
Dengan menambahkan bot ke WA Anda, Anda dapat meningkatkan layanan pelanggan terbaik dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan contoh chatbot whatsapp untuk mencari referensi chat lain yang nantinya dapat membantu meningkatkan kinerja tim layanan pelanggan Anda sehingga lebih banyak pelanggan merasa puas.
Namun perlu diingat bahwa Anda hanya bisa mendapatkan Chatbot whatsapp dengan akun resmi WhatsApp API, salah satunya bisa Anda dapatkan dari OCA Indonesia. Tidak hanya itu, OCA Indonesia memiliki solusi end-to-end untuk menghubungkan akun WhatsApp API Anda dengan omnichannel dan CRM. Sehingga semua proses bisnis Anda dapat diotomatisasi dan bekerja secara optimal.